Selasa 7 Desember 2021 - 14:32,

oleh

Ketua KPK Kunjungi DPRD Kaltim

 

Ketua KPK Kunjungi DPRD Kaltim

INFOBENUA-SAMARINDA, KPK terus melakukan edukasi dan sosialisasi pencegahan tindak pidana korupsi keseluruh pejabat dan penyelenggara negara di pelosok pelosok tanah air. Pencegahan lebih dikedepankan daripada penindakan untuk mengantisipasi kerugian negara atas kepentingan pribadi lebih dini. Upaya ini telah bergulir ke daerah daerah provinsi dan kabupaten kota dipimpin langsung ketua KPK RI Firli Dahuri.

14 Oktober 2021 kemarin KPK dan rombongan menyambangi kantor DPRD Provinsi . KPK melakukan pertemuan dengan sejumlah anggota Frakasi dan Komisi DPRD Kaltim. Dalam pertemuan tersebut ketua KPK memberikan pendidikan dan masukan peran anggota DPRD dalam menjalankan amanah undang undang untuk pembangunan negara atau daerah yang bersih dan angkuntabel.

Ketua KPK l, Firli Dahuri di dampingi Gubernur Kaltim Isran Noor dan sejumlah OPD provinsi Kaltim.

Ketua KPK mengungkapkan kegiatan pertemuan dengan Anggota DPRD Kaltim, dalam Rangkah amanah undang undang yang mengharuskan KPK memberikan pendidikan dan pemahaman terhadap pejabat negara, termasuk anggota DPRD, agar tepat sasaran dan tepat guna dalam menyelenggarakan negara. “Pencegahan kejahatan penyelenggara kita utamakan, agar pembangunan tepat sasaran, dan tidak merugikan negara,”ujar Firli.

DPRD di ingatkan agar dalam pembuatan dan penyusunan rancangan APBD bersama pemerintah DPRD mampu berhitung efektifitas dan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

Artinya menurut Firli, siapapun itu apapun profesinya, dalam menyusun RAPBD harus berasas kebutuhan negara.

Dia mengatakan bahwa untuk menyelenggarakan negara seluruh rakyat harus dilibatkan termasuk DPRD sebagai perwakilan rakyat. Alasannya sebab dalam pembangunan tidak saja melibatkan pemerintah dan DPRD, tetapi seluruh rakyat terlibat, swasta, pengusaha, profesional, seluruhnya memiliki andil, sehingga persoalan anggaran perlu di gunakan sesuai dengan kebutuhan dan peruntukan untuk menghindari penyalahgunaan. ” Jadi tujuan kita bertemu wakil rakyat DPRD Kaltim untuk mengingatkan lebih dini agar berhati hati dalam melakukan penggunaan anggaran,” kata Firli.

Kunjungan Ketua KPK ke Kaltim merupakan sebuah peringatan agar seluruh pejabat negara atau daerah, baik pemerintah l, DPRD termasuk swasta BUMN dan pengusaha agar berhati hati menjalankan amanah negara dan menggunakan anggaran negara agar tepat sasaran dan tepat guna tanpa merugikan siapa siapa.

Penulis**Anisa

News Feed