oleh

Rolling Komisi di Fraksi Gerindra, Bukan Tekanan

INFOBENUA-SAMARINDA,Ramai politisi di DPRD Samarinda memprediksi PAW anak Walikota Andi Muhammad Afif Rayhan Harun menggantikan .Arbain,difraksi partai Gerindra akan membuat struktur Komisi akan berubah. Pasalnya Afif diketahui memiliki background akademisi Hukum, sedangkan yang diganti awalnya menduduki Komisi I. Afif sendiri paska di Lantik PAW dua Minggu lalu secara jujur meminta kepada ketua Fraksi Gerindra yang juga wakil ketua DPRD Samarinda, Helmi agar dirinya kalo bisa di posisikan di Komisi yang membidangi Hukum. “Biar saya lebih muda beradaptasi sebab background kuliah saya di Hukum,” kata Afif waktu itu.

Keinginan Afif tersebut tak pakai lama terakomodir. Fraksi Gerindra 13 Oktober 2021 melakukan paripurna membahas soal usulan Fraksi Gerindra terkait Rolling Komisi.

Kebetulan Muhammad Rudi yang duduk di Komisi I selama ini, sudah lama mengajukan perpindahan Komisi dengan alasan mencari suasana baru, namun Gerindra belum bersikap sebab menanti momen tepat untuk rolling Kursi Komisi tersebut.

Maka gayung pun bersambut, Afif masuk mem-PAW…pengen ke komisi 1 dan Rudi beminat di Komisi I1

Tidak ada tekanan dalam rolling Komisi ini. ” Ini murni kewenangan fraksi atas kesepakatan kedua belah pihak, jadi jangan di kemana-manakan lagi ini rolling,”ujar Muhammad Rudi.

Lantas apa motif rolling tersebut.? Rudi mengatakan hanya ingin suasana baru saja, biar tantangan kita bisa tahu apa apa saja yang seru di komisi baru selain komisi yang selama ini saya perjuangkan.

Apakah bisa beradaptasi dengan komisi yang baru? Rudi mengaku tak masalah sebab dirinya sudah lama menjadi anggota DPRD, dan biasa bersama dengan komisi 2, sehingga setidaknya, Rudi mengaku tidak susah untuk menyesuaikan kinerja dengan anggita komisi 2 lainnya.

Helmi selaku ketua fraksi Gerindra mengatakan rolling ini adalah dinamika biasa berdasar atas persetujuan masing masing pihak yang ingin bertukar komisi. Apakah tidak mengganggu sistem yang sudah berjalan selama ini? Helmi mengaku tidak berpengaruh sebab anggota Komisi kan jumlahnya banyak sehingga saat terdapat rolling anggota baru mereka bisa cepat beradaptasi. “Hal ini biasa, kebetulan M Rudi sudah lama usulkan pindah komisi tetapi belum ada momen tepat jadi kita belum akomodir, nah sekarang ada mas Afif dan kebetulan pas komisi yabg dia inginkan, maka jadilah kita rolling komisi ini,” ujar Helmi.

Penulis**Anisa

News Feed