oleh

Jasno Dilantik Pimpin  PAN Samarinda

 

 

INFOBENUA.id.SAMARINDA. Jasno, anggota DPRD Samarinda, Komisi III, didaulat menjadi Ketua DPD Partai Amanat Nasional atau PAN periode 2021 2025. jasno bersama puluhan PAC, Kecamatan dilantik oleh Ketua DPW PAN Kaltim Sigit Wibowo di hotel Mercure Samarinda 12 Oktober 2021.

Pelantikan berlangsung sederhana, namun meriah dan disaksikan Walikota Samarinda DR A Harun, bersama sejumlah perwakilan Partai partai lain, yang merupakan kolega Jasno di DPRD Samarinda. Kehadiran sejumlah Parpol kain dalam acara sakral pelantikan Ketua tersebut, terbilang unik dan tak lazim selama ini. “Ini merupakan gambaran bahwa kita dengan partai lain kompak meski nanti pada akhirnya kita berbeda pandangan saat berkompetisi politik dimasa yang akan datang, tetapi setidaknya ini gambaran bahwa untuk kepentingan masyarakat, kita harus kompak bersatu,”kata Jasno usai pelantikan dirinya berlangsung dilantai 5 hotel Mercure Samarinda.

Prosesi pelantikan DPD dan DPC pan 2020 – 2025 sekota Samarinda . Dimulai pembacaan surat Keputusan oleh Sekretaris DPW PAN Kaltim, Sofyan Ja’far . Sofyan membacakan surat keputusan DPP PAN dan DPD PAN Kota Samarinda periode 2020 – 2025 ber Nomor PAN / A KEPTS / SJ-131 / III /2021, tentang pengesahan pengurus DPD PAN Nasional 2020-2025. Keputusan ini ditandatangani ketua DPP PAN pada tanggal 31 Maret 2021 oleh Zulkifli Hasan.

Selain Pelantikan pengurus DPD PAN Samarinda juga dilakukan pengangkatan kepala kepala biro dan wakil wakil ketua.

Terpilih sebagai Sekretaris PAN Samarinda, Suparno AMD. Pelantikan ditandai pemukulan gong oleh ketua MPP DPW PAN Samarinda, sekaligus wakil bendahara DPP  Erwin Zainuddin.

Dalam Tausiah Kebangsaannya, Erwin Zainuddin mengungkapkan politik dalam hal ini PAN harus bekerja dengan baik karena tantangan semakin berat yang harus dihadapi.

Menurutnya, Kaltim tercepat pelaksanaan pelantikan, sementara daerah-daerah lain belum melakukan hal yg sama. Ini merupakan indikasi baik jika PAN akan mampu meningkatkan dukungan dan penambahan kursi lebih banyak di DPRD Samarinda. “Terima kasih kepada pengurus DPD Kaltim yang dalam melaksanakan pelantikan berjalan lancar dan cepat,”kata Erwin.

Dia menambahkan bahwa PAN harus terus menebarkan kebaikan secara terus menerus ke masyarakat. Alasannya sebab karena dengan kebaikan itulah parpol harus lakukan untuk bisa menarik simpati masyarakat.

Situasi pandemi yang meluluh lantakkan ekonomi dan mata pencaharian masyarakat termasuk menyebabkan banyaknya orang yang meninggal karena covid 19, menjadi PR pengurus PAN untuk bisa mengatasi situasi itu di masyarakat.

Tantangan PAN Kaltim lainnya, kedepan IKN akan terus bergulir tugas PAN Kaltim harus berjuang bagi orang di luar Kaltim yang akan masuk bersaing dengan kita. “Jangan sampai ibukota jadi Kaltim hanya penonton,’ kata Erwin.

Erwin menegaskan agar warga tidak mudah menjual tanah tanah mereka. Karena dikawatirkan jika tanah2 dijual maka orang diluar Kaltim akan menguasai sehingga potensi menjadi penonton di rumah sendiri akan tercipta. ” Kondisi ini sudah terjadi dengan warga Betawi di Jakarta mereka jual jual tanah hingga jadi penonton saat ini,” ujar Erwin.

Kedua Erwin ingatkan juga soal pendidikan harus di tingkatkan, sebab kalah SDM kita akan di tinggal. Pendidikan harus menonjol, SDM harus maju. Politik adalah  pengabdian. Bayangkan orang diluar Kaltim dengan SDM yang siap sedangkan kita belum apa apa, sehingga parpol terutama yang ada di DPRD pikirkan strategi aturan dan kebijakan yang bisa selamatkan masyarakat Kaltim dari kerugian.

Walikota harus didepan, dan di dorong oleh parpol. pendidikan yang mengubah kemiskinan, termasuk adat budaya harus di kuatkan, pendidikan harus beri rambu setiap pengusaha berkewajiban menyumbangkan CSR pendidikan. “Soal demokrasi jangan dibawa baper, kita lakukan politik dengan baik,” ujarnya lagi.

Sementara itu Jasno mengatakan akan memperkuat barisan di seluruh struktur kepengurusan agar kerja politik. Bisa maksimal

Hal itu menjadi target Jasno dalam kepemimpinannya, sebab dia harus patok peningkatan suara dan jumlah kursi DPRD Kota Samarinda dalam pemilihan legislative yang akan datang. “Kita juga tidak mau muluk muluk patok terlalu tinggi, kita rasional saja sesuai kemampuan kita, ya minimal dapat tambahan kursi di DPRD Samarinda 6 Kursilah,”ujarnya.

Dalam waktu dekat dia akan mengumpulkan seluruh kader dan pimpinan struktur dari DPD hingga PAC. Dia akan mengatur strategi pemenangan Dapil nanti dan minimal setiap PAC harus berjuang dorong satu anggota duduk di DPRD Samarinda. ” Ini ikhtiar kita, semoga saja solid,” kata Jasno.

Penulis**Anisa

News Feed