Selasa 7 Desember 2021 - 13:25,

oleh

Persoalan Banjir menjadi yang Prioritas untuk di selesaikan Di Reses Subari di Manggar Sari

infobenua.id, BALIKPAPAN –  Anggota DPRD Balikpapan saat ini sedang melakukan Reses Masa Sidang III Tahun 2021 . Termasuk Subari wakil ketua  DPRD  Balikpapan dari fraksi Partai Keadilan sejahtera ( PKS) yang menggelar  reses di RT 91 Kompleks Perumahan Graha Mulawarman Kelurahan Manggar, Balikpapan Timur, Rabu (06/10/2021) malam.

Reses yang  dihadiri Ketua DPD PKS Balikpapan H. Sonhaji ini bertujuan untuk menyerap aspirasi masyarakat,i tentang persoalan  infrastruktur, pelayanan kesehatan, pendidikan, sambungan air PDAM, penanganan banjir.

Dalam sesi tanya jawab Ketua RT 60 Manggar Edi Wahyudi menyampaikan aspirasinya tentang penanganan banjir di 7 RT wilayah Manggar Sari, Kelurahan Manggar, Balikpapan Timur.

“Di bulan Agustus saja, di perumahan Pondok Asri dan Graha Mulawarman sudah dua kali terdampak banjir hingga sepinggang orang dewasa. Menyebabkan aktivitas masyarakat terhambat,” kata Edi.

Pihaknya juga meminta dilakukan normalisasi sungai Manggar Sari, mengingat kondisi sungai terdapat sendimen serta  banyak pohon , sehingga menyebabkan air yang mengalir dari hulu ke hilir terhambat dan menyebab banjir.

“Kami jangan dinilai dengan nasi bungkus, atau perahu karet, tetapi kami ingin persoalan banjir di lingkungan kami dapat diatasi. Setiap kali hujan deras, banjir selalu menghantui warga di 7 RT Manggar Sari ini,” jelasnya.

Perwakilan RT 29 Sulaiman menyampaikan keluhannya tentang persoalan banjir yang kerap terjadi di lingkungan RT 29, akibat dampak dari pembangunan jalan tol.

“Sebelum ada jalan tol, setiap hujan turun 30 menit, tempat tinggal kami selalu kebanjiran lumpur. Oleh karena itu, kami minta dibangunkan drainase di perbatasan RT 29 dan RT 93 guna mencegah banjir lumpur di Blok A dan Blok D,” kata Sulaiman.

Hal senada juga dikatakan Evi Susiana, Ketua RT 91 Manggar Balikpapan Timur. Dia mengusulkan penanganan banjir di wilayah Manggar Sari, tepatnya di Graha Mulawarman dapat segera direalisasikan. Normalisasi sungai di Manggar Sari juga diharapkan bisa dilakukan, mengingat banjir yang terjadi juga disebabkan adanya sedimentasi dan penyempitan sungai.

“Setiap hujan turun, kami selalu was-was banjir menerjang pemukiman warga di RT 91 dan sekitarnya. Mohon persoalan banjir di lingkungan kami ini dapat diatasi,” ujar Evi.

Ketua RT 92 Manggar Haris mengeluhkan masih maraknya aktivitas prostitusi dan kegiatan perjudian sabung ayam di Manggar Sari. Disinyalir, menurut Haris, aktivitas ilegal yang sulit ditertibkan itu diduga ada yang membackingi. “Aktivitas prostitusi di Manggar Sari sampai saat ini masih terjadi. Yang membuat kami risih, saat aktivitas berlangsung anak-anak kami melintasi kawasan tersebut. Belum lagi aktivitas sabung ayamnya,” kata Haris.

Sementara itu, anggota DPRD Balikpapan Subari menjelaskan, pihaknya sengaja menggelar reses di RT 91 Manggar ini karena permasalahannya sangat kompleks, terutama persoalan banjir.

“Balikpapan Timur, pusat banjir itu ada disini. Maka dari itu, saya berharap permasalahan ini ada solusinya. Kita akan segera follow up, segera panggil Kepala Dinas Pekerjaan Umum untuk bersama-sama turun ke lapangan yang masih menjadi persoalan banjir melibatkan RT-RT disini,” kata Subari yang juga Wakil Ketua DPRD Balikpapan ini.

Menanggapi aspirasi masyarakat terkait normalisasi sungai Manggar Sari yang menjadi biang banjir, tambah Subari, pihaknya akan menindaklanjutinya dengan melakukan koordinasi dengan Dinas PU Balikpapan serta instansi terkait lainnya.

“Banjir disini terjadi selama ada jalan tol dan pembangunan di bagian hulu hingga berdampak terhadap lingkungan seperti terjadinya sedimentasi di sungai dan menyebabkan banjir di kawasan ini. Ini yang menjadi PR berat,” tukasnya.

“Kemarin ada pembahasan anggaran, defisit itu banyak sekali, tapi kita tidak berkecil hati. Kita akan berusaha untuk menggiring anggaran untuk dialokasikan di Manggar Sari ini karena memang banjir ada di sini,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan ini, perwakilan Dinas Kesehatan Kota Balikpapan dr. Ida, Kepala Hubungan Pelanggan Perumda Tirta Manuntung Balikpapan Abdul Ramli dan staf Perumda, perwakilan DLH Balikpapan sejumlah Ketua RT dan puluhan warga di lingkungan Manggar Sari, Balikpapan Timur.

News Feed