oleh

“Nidya Listiyono, Desak Pemprov Maksimalkan Fasilitas Pelayanan Pasien Covid-19 di Tiap Rumah Sakit”

 

INFO BENUA. Id -SAMARINDA- Anggota Komisi III DPRD Kaltim, Nidya Listiyono mendesak pemerintah provinsi memerintahkan setiap rumah sakit harus memaksimalkan pelayanan pasien Covid-19 hingga menjamin ketersediaan oksigen.

Politisi Fraksi Golkar ini menyampaikan kasus Covid -19 kian melonjak secara drastis. Hal itu tentunya membuat Tenaga Kesehatan (Nakes) pun kewalahan, terutama ketersediaan tabung oksigen.

Anggota komisi III ini mengapresiasi pada kebijakan Pemerintah Balikpapan, yang berupaya memaksimalkan dalam pemenuhan fasilitas di tiap rumah sakit.

“Pemerintah di sana mendorong, bahkan mewajibkan setiap kepala rumah sakit untuk menambah fasilitas masing-masing” tutur Tio, sapaan akrabnya, Senin (2/8/2021).

Dengan keadaan sekarang ini, menjadi kewajiban bagi pemerintah untuk terus menekan angka penyebaran Covid-19. Salah satunya, memperbanyak cadangan oksigen hingga tak terjadi lagi kekosongan oksigen.

“Kalau saya liat, banyak terjadi kekosongan oksigen bagi pasien. Baik itu di rumah sakit maupun di toko kesehatan,” bebernya.

Tio juga berharap pemerintah mampu mengakomodir distribusi oksigen dari para distributor di Kaltim. Dengan membangun komunikasi yang intens agar tidak terjadi lagi kekosongan oksigen kembali.

“Maksudnya begini, jangan sampai nanti rumah sakit over kapasitas, kemudian pasien mengeluh karena susah bernafas. Dan pertolongan pertama yang paling mungkin kita lakukan hari ini adalah menyediakan stok oksigen,” tegasnya.

Hal ini, di harapkan bisa membantu pasien agar dapat bertahan, ketika terjadi sesak nafas mendadak, sembari menunggu rumah sakit mempersiapkan ruang perawatan khusus.

“Terakhir saya sampaikan, pemerintah kota harus bisa membuka ruang komunikasi, dan paling penting ialah memperhatikan kesejahteraan seluruh tenaga medis ataupun relawan yang membantu semua prosedur Covid-19,” pungkasnya.

Penulis : Eko Abiyyu

News Feed