oleh

Legislator Kaltim Dorong Segera Realisasi Bantuan ke Masyarakat

 

INFO BENUA – SAMARINDA – DPRD Kaltim dorong Pemprov agar segera merealisasikan pemberian bantuan ke masyarakat. Pemberian ini sebelumnya disampaikan Gubernur Kaltim Isran Noor yang akan memberikan berbagai bantuan kepada masyarakat, seperti penderita Covid-19 yang meninggal dunia dengan santunan Rp10 juta.

Bantuan Sosial Masyarakat (BSM) total sebesar Rp 18 miliar, dan insentif untuk tenaga kesehatan rumah sakit dan pusat karantina Rp150 ribu perorang di setiap harinya.

Wakil Ketua DPRD Kaltim Seno Aji mengatakan sebagai perpanjangan aspirasi dari masyarakat tentunya pihaknya mendorong realisasi tersebut. Sebab, selama kebijakan yang dikhususkan untuk rakyat maka DPRD pasti akan mendorong.

“Tapi perlu dilakukan pendataan yang maksimal. Kita harus belajar dari pengalaman di 2020 lalu. Jangan sampai yang dapat bantuan bukan orang yang layak,” ungkap Seno.

Menurut Seno, dalam hal pemberian bantuan yang disampaikan Isran. Idealnya dapat melihat terlebih dahulu kemampuan anggaran yang ada. Sebab, jangan sampai justru kapasitas anggaran yang ada tidak mampu untuk menopang berbagai bantuan yang ada tersebut.

“Kita sudah minta Komisi IV juga untuk hearing dengan instansi terkait,” terangnya.

Diketahui, alokasi anggaran untuk penanganan Covid-19 di tahun 2021 ini sebesar Rp 251 miliar. Bagi Seno, jika memang anggaran tersebut di anggap kurang untuk penanganan, maka akan di dorong untuk penambahan.

“Liat dulu kegunaannya dan mampu tidaknya pembiayaaan. Kalau butuh tambahan maka perlu dialokasikan di APBD Perubahan nanti,” tukasnya.

Reporter kka

News Feed