oleh

Fraksi PKB Segera Lengkapi Data TKA di Kaltim

Fraksi PKB Segera Lengkapi Data TKA di Kaltim

INFO BENUA – SAMARINDA – Sekretaris Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPRD Kaltim, Sutomo Jabir menyebut saat ini pihaknya sedang mencoba mengamati dugaan adanya Tenaga Kerja Asing (TKA) yang tidak sesuai dengan aturan bekerja pada salah satu perusahaan asing di Kabupaten Kutai Timur.

Menurutnya, tersapat sejumlah TKA yang belum mempunyai ijin kerja. Bahkan, jumlah pekerja yang ada tidak sesuai dengan yang terlapor. Selain itu juga dikabarkan TKA di Kutim akan terus bertambah diduga karena investasi dan adanya kontrak yang di taken pemerintah bersama perusahaan asing yang berasal dari China itu.

“Menurut informasi ya seperti itu, karena semua alat itu bahasanya China semua, jadi potensi TKA dari China pun akan terus bertambah,” ungkap Jabir sapaannya,pada media ini.

Jabir mengatakan bahwa saat ini perlu dipelajari secara mendalam menyangkut regulasi terkait TKA ini. Guna mengetahui serta memahami batasan serta kewenangan dari Dinas Keternagakerjaan (Disnaker) tingkat kabupaten maupun provinsi dalam memonitor TKA.

“Kita tahap mencari data secara faktual. Kemudian nanti kita coba bicarakan tingjat Fraksi,” terangnya.

Pendataan adanya TKA memang perlu diperketat, ditambah lagi dengan adanya Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) justru berbanding terbalik dengan kebijakan yang diterapkan.

Jabir berharap Dinsaker dapat lebih obyektif dan jeli dalam melihat kondisi di lapangan. Sebab, dugaan banyaknya TKA yang berada di Kutim itu kian menguat. Bahkan, tidak hanya pada posisi yang membutuhkan skill khusus, melainkan sebagai pekerja kasar.

“Perlu pengawasan ketat di imigrasian dan Disnaker. Agar masuknya TKA dapat didata dengan baik serta dimonitor di lapangan,” tukasnya.

News Feed