oleh

24 Orang positif covid-19, masjid Ar Rahmah di Bhumi Nirwana di tutup

Balikpapan, infobenua.id- Satgas penanganan Covid 19 kota Balikpapan  menetapkan  Zona Merah terhadap RT 47 Kelurahan Graha Indah /Perumahan Bumi setelah 24 orang   positif covid-19.

Zulkifli Kepala Satpol PP Balikpapan dalam konfrensi pers, Senin (10/05)  sangat ter kejut dengan di temukan nya 24 warga di RT 47  perumahan Bhumi nirwana postif Covid 19.

“Kita dikejutkan dengan satu zona merah di RT 47 Kelurahan Graha Indah tepatnya di Perumahan Bumi Nirwana,” ujarnya.

Dia mengatakan, sesuai dengan ketentuan penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro, maka rumah ibadah yang ada di zona merah terpaksa ditutup tidak boleh ada aktifitas warga.

 “Sedikit saya jelaskan sesuai dengan aturan PPKM mikro kita pengendalian terhadap zona merah itu pertama kita terpaksa menutup rumah ibadah. Jadi ada masjid Ar Rahmah disana sudah kita tutup,” ujarnya

.“Hari ini kita perintahkan lurah menetapkan zonasi merah sekaligus penutupan rumah ibadahnya,”

Dia menjelaskan, diperbolehkan hanya mengumandangkan adzan. Namun hanya dilakukan oleh penjaga masjid. Tidak diperkenankan dibuka umum untuk Jemaah. “Jadi tidak membuka Jemaah untuk umum,” ujarnya.

“Jadi adzan lima waktu tetap diperbolehkan dan tetap ada sholat lima waktu di dalamnya yang hanya dilakukan kaum atau penjaga masjidnya,”tegasnya.

Kemudian akses keluar masuk juga dibatasi ataupun di portal. Tamu pun hanya sampai pukul 21.00 Wita. Kemudian tidak boleh ada aktivitas s atau kegiatan masyarakat dan lebih dari 5 orang akan dibubarkan.

“Kemudian, Yang kedua zonba merah harus dilakukan portalisasi jadi akses tamu maksimal hanya sampai jam 21.00 Wita itu perlakuan zona merah. Tidak boleh tamu diatas jam 21 harus pulang,” ujarnya.

“Ketiga harus dilakukan pembubaran semua kerumunan lebih dari 5 orang. Jadi di zona merah masyarakat tidak boleh ada kegiatan arisan, kegiatan slamatan yang mengumpulkan masyarakat lebih dari 5 orang itu standar dari Kemendagri,”jelasnya.

Lalu fasilitas umum dan arena bermain anak-anak juga sementara harus ditutup. Hingga sampai zona kuning. “Mudah-mudahan ini yang pertama dan terakhir lah zona merah. Ini sangat mengejutkan sekali ya,” ungkap nya. []

News Feed