oleh

Tunggu Rekomendasi BWS, Pemkot Lanjutkan Pembersihan SKM

Tunggu Rekomendasi BWS, Pemkot Lanjutkan Pembersihan SKM

INFOBENUA, SAMARINDA – Miliki program prioritas untuk menanggulangi banjir, Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda akan melanjutkan normalisasi bantaran Sungai Karang Mumus (SKM). Yang sebelumnya telah berjalan.

Disampaikan oleh, Sekretaris Daerah (Sekda) Sugeng Chairuddin, memang Pemkot akan melanjutkan normalisasi tersebut, Namun saat ini masih menunggu rekomendasi dari Balai Wilayah Sungai (BWS).

“Masih menunggu dari BWS, untuk rekomendasi dimana saja wilayah yang mau kita kosongkan terlebih dahulu. Untuk normalisasi sungai, karena ini program prioritas Pemkot dalam menangani banjir,” ujarnya, Selasa (2/03/2021).

Lebih lanjut, ia mengatakan ada tiga hal yang akan menjadi fokus masalah dalam penanganan banjir ini, seperti.

“Banjir yang disebabkan karena air pasang, air kiriman, drainase jelek, untuk tempat yang pasang sungainya dibesarin sehingga airnya tidak masuk, kemudian di tengah drainasenya yang diperbaiki,” lanjut Sugeng.

Terkait perizinan lahan dan regulasi, Sugeng menyampaikan akan melakukan pembenahan. Terutama dengan adanya penyediaan ruang terbuka hijau di sekeliling SKM.

“Kedepan kita bisa rancangkan perwali tentang eksploitasi yang membabi buta di sekitar sungai, seperti pengrusakan gunung dan lain-lain. Kalau ditetapkan nanti akan di SK-kan Walikota, sehingga ada lahan untuk ruang terbuka hijau, seperti pohon pelindung,” ujar Sugeng.

Untuk anggaran yang diperlukan, kata dia, berasal dari bantuan APBD Kaltim juga APBN.

“Pembebasan lahannya masuk subsidi provinsi, dan kami juga memakai dana APBN. Perlu diketahui kami menata kota ini dari sisi masyarakatnya, untuk memperbanyak ruang terbuka yang nyaman,” tutup Sugeng.

Wartawan: DC

News Feed