oleh

Syaharie Jaang Minta Semua Warga Berjemur dan Bergerak Mulai Jumat Besok

Samarinda, Info Benua — Terkait dengan situasi pandemi Covid-19 yang hingga saat ini belum juga mereda, bahkan kini tembus angka 1000 yang terpapar dan transmisi lokal, maka Syaharie Jaang, Walikota Samarinda  menginstruksikan kepada seluruh warga kota Samarinda untuk berjemur diri dan bergerak aktif, sebagai upaya untuk  memperkuat pertahanan atau imun tubuh.

“Saya minta, mulai Jumat besok, semua dinas-dinas instansi pemerintah maupun swasta, perusahaan-perusahaan, perindustrian agar semua staf juga pimpinannya untuk keluar berjemur di bawah sinar matahari, dan bergerak setiap hari antara jam 09.00-10.00 selama 15-30 menit,”  saran Syaharie Jaang yang juga ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 kota Samarinda kepada wartawan melalui ponselnya, Kamis (3/9/2020).

Akan tetapi himbauan tersebut bukan hanya untuk para pegawai atau karyawan di instansi pemerintah maupun swasta, melainkan kepada seluruh warga yang berada di rumah, warung, toko hingga pedagang agar melakukan tindakan berjemur dan bergerak tersebut.

“Dan yang juga penting adalah selalu konsumsi makanan yang bergizi. Seperti saya minum air rebusan jahe, serai dan campur gula merah secukupnya. Juga bagus minum madu air hangat,” terang Jaang sembari berbagi tips sehat yang kerap dilakukannya.

Menurut Jaang yang tak kalah penting adalah hidup tenang dan selalu berpikir positif agar tidak stres, karena jika hidup tidak tenang dan selalu berpikir negatif bisa melemahkan imun tubuh.

Ditambahkan Jaang selain kita harus selalu memakai masker, cuci tangan, jaga jarak dan hindari kerumunan, tak kalah penting juga berjemur dan bergerak tadi,  ditambah mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi serta tidak stres.

“Perlu kita sadari benar hal ini bahwa, apa yang kita lakukan ini, bukan hanya untuk diri kita sendiri tapi juga untuk orang terdekat kita dan orang lain. Mari kita bentengi diri kita dari Covid-19 yang jika semua melakukannya juga secara tak langsung membentengi orang-orang terdekatnya dan orang lain dari serangan Covid-19,”  tandas Jaang.

Wali Kota juga sudah memberitahukan tentang intruksi berjemur dan bergerak ini kepada Sekretaris Daerah (Sekda) kota Samarinda Sugeng Chairuddin agar ditindaklajuti dan dilaksanakan sebagai mana mestinya, untuk meraih kesehatan tubuh yang prima sehingga terhindar dari serangan virus Corona. (ru).

News Feed