oleh

Rapid Test 13 Tenaga Medis dan 1 Warga Positif

Wajo, Info Benua — Pasca ditemukannya pasien positif Corona di desa Alelebbae, kecamatan Pitumpanua, pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Siwa melakukan Rapid test terhadap 124 orang yang diduga pernah kontak dengan pasien yang sebelumnnya ditetapkan sebagai pasien positif corona.

Dari Rapid Test yang dilakukan mulai tanggal 19 – 23 April 2020 hasilnya 14 diantara menunjukkan hasil positif.

Juru bicara GTPP Covid 19 Kabupaten Wajo, Supardi membenarkan hal tersebut, menurutnya Hasil Rapid test positif belum tentu positif Covid-19, karena nilai positif itu baru diperoleh dari adanya peningkatan aktivitas Antibodi akibat adanya virus yang masuk ke dalam tubuh orang yang di test. Sehingga tidak serta merta bisa dikategorikan positif Covid-19.

“Yang bisa memastikan seseorang terinfeksi Covid-19 hanyalah PCT (polumerace Chain Reaction). Jika kondisi fisik yang bersangkutan tidak menunjukkan gejala seperti deman, sesak nafas, batuk dll, maka mereka hanya dimasukkan dalam kelompok OTG (Orang Tanpa Gejala), dan akan terus diisolasi sambil menunggu hasil PCR, “jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, dari 14 orang yang hasil Rapid Testnya menunjukkan positif adalah 13 orang merupakan petugas Rumah Sakit dan sisanya warga diluar petugas kesehatan yang pernah kontak dengan pasien. Saat ini mereka sedang menjalani isolasi baik di Rumah Sakit maupun di rumah dinas petugas kesehatan .

“Menyikapi kondisi ini, kami minta kepada seluruh masyarakat untuk tidak panik, dan tetap mentaati protokol penanganan Covid 19, ” ucapnya. (ddy/ru/hms).

 

News Feed