oleh

Perhatian Buat Warga Kota Balikpapan Jam Buang sampah mulai dari 18.00-00.00 Wita

Balikpapan Infobenua – Pemerintah Kota Balikpapan melakukan Sosialisasi dan Uji Coba perubahan jam buang sampah ke Tempat Pembuangan Sementara (TPS) dimana sesuai perda 13 Tahun 2015 tentang pengelolaan sampah yakni dari jam 18.00 – 06 .00, akan di pangkas menjadi mulai 18.00- 00.00 ( Jam 12 malam).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Balikpapan, Suryanto menjelaskan, uji coba dilakukan sebelum perda pengelolaan sampah disahkan. Saat perda ‘ketok palu’ masyarakat sudah terbiasa dengan kebijakan tersebut.

“Sosialisasi bisa dimulai segera, berkaitan dengan jam buang sampah hanya pukul 18.00 sampai 00.00 Wita. Wali kota menginginkan uji coba terlebih dahulu, jadi kalau ada perdanya tinggal pengukuhannya saja,” terangnya saat ditemui, diacara buka puasa bersama SKK migas beberapa hari yang lalu.

Rencananya perubahan jam buang sampah itu mulai pukul 18.00 hingga 00.00 wita dari sebelumnya 18.00 hingga 06.00 wita. Hal itu dilakukan karena masih banyak masyarakat yang buang sampah di atas pukul 06.00 pagi.

“Perubahan jam itu dilakukan karena saat truk pengangkut sampah di TPS pada malam hari hingga subuh. Namun diatas itu kenapa kok TPS masih menumpuk padahal sudah diangkut. Makanya perlu diubah jam buang nya “, ungkapnya.

Dia menilai perubahan jam buang sampah dan revisi perda ini dilakukan karena selama ini untuk membuang sampah masyarakat masih kerap tidak tertib. Parahnya, bukannya diletakkan di TPS, sampah kerap dilempar ke TPS.

Menurut Dinas Lingkungan Hidup masih banyak ditemukan warga mulai dari ibu-ibu rumah tangga hingga pekerja sambil jalan kerja masih masih membuang sampah atau melempar sampah dari atas kendaraan di atas pukul 06.00 Wita.

Akibat dari aksi warga yang membuang sampah di luar jadwal tersebut membuat TPS yang sudah dibersihkan oleh petugas Dinas Lingkungan Hidup kembali menumpuk oleh sampah.

“Malah bikin berantakan, mending kalau masuk ke tempat sampahnya. Yang jelas apabila dibatasi sampai jam 00.00 Wita malam, maka petugas bisa langsung mengangkut sampai subuh. dengan begitu saat pagi dan siang hari tidak ada lagi yang mengangkut sampah,” tegasnya.[]Irwanto.s

News Feed