oleh

Seminar Komunikasi IKOM UNU Kaltim : “Pola Komunikasi Pembangunan Terhadap Kebijakan Publik”

Samarinda, Info Benua – Fakultas Ilmu Komunikasi (Ikom) Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Timur (Kaltim), pada Senin 17 September 2018 melaksanakan seminar komunikasi yang mengusung dua tema yaitu : “Comumunication Skill of Protokol Officer,” dan “Pola Komunikasi Pembangunan Terhadap Kebijakan Publik.” Bertempat disalah satu ruangan lantai dua gedung universitas tersebut. Seminar diikuti oleh mahasiswa Ikom angkatan 2018-2019 sebanyak kurang lebih empat puluh orang.

Acara seminar sangat mendapat apresiasi dari para mahasiswa. Mereka mengikuti dengan antusias materi-materi yang dibawakan oleh yang nota bene dari para penyiar RRI Samarinda, yaitu Marga Rahayu, S. IKOM, Safaruddin, S. IP dan Luluk Adila Rifnawati, SE.

Materi yang dipaparkan oleh Marga Rahayu, S. IKOM berkaitan tentang kepribadian seseorang bagaimana agar mampu tampil di depan publik dengan rasa percaya diri yang tinggi. Penyiar RRI Samarinda yang berwajah manis dan menggemaskan ini sangat mendapat perhatian dari para peserta seminar, lantaran cara dia membawakan atau memaparkan materi sungguh amat menarik. Bahasanya lancar dan sangat komukiatif. Tidak heran kalau Marga beberapa kali mendapatkan tepuk tangan dari para peserta seminar.

“Mbak Marga Rahayu benar-benar bisa membuat pendengar terpukau jika sedang berbicara. Pemaparannya begitu lancar dan mudah dicerna. Dia sangat manis dan sangat menggemaskan. Alangkah senang jika Mbak Marga mau jadi dosen di Ikom UNU,” kata salah seorang mahasiswa usai acara seminar.

“Bagi saya semua materi yang dipaparkan oleh semua pembicara sangat menarik dan berguna. Saya merasa makin menyadari kekurangan diri saya, dan itu harus mampu kita atasi dengan cara-cara yang telah dipaparkan tadi. Saya mendapat sesuatu dari seminar ini. Sangat berguna dan bermanfaat,” komentar seorang peserta perempuan.

Trik-trik bagaimana menjadi seorang MC yang handal, dipaparkan oleh Safaruddin, S. IP. Materi ini juga menarik para peserta seminar karena memang ada pula yang berkeinginan menjadi pembawa acara atau MC sambil tetap kuliah. Sedang Luluk Adila Rifnawati, SE memberikan materi tentang bagaimana membuat konten-konten kreatif.

Mas Jofani, selaku ketua panitia penyelenggara seminar mengatakan, dengan adanya seminar ini diharapkan mahasiswa Ikom UNU mampu untuk lebih mengembangkan kepribadiannya, untuk tidak takut tampil di hadapan publik sebagai pribadi yang mandiri dan berwawasan intelektual yang luas.

“Semua peserta mengakui, seminar ini sangat memberikan arti yang mendalam bagi pengembangan kepribadian mereka, untuk bisa lebih percaya diri manakala terjun ke masyarakat. Kepercayaan diri yang kuat adalah modal yang sangat berharga untuk berinteraksi dengan orang lain,” kata Jofani tersenyum puas.

Di akhir acara para peserta seminar minta foto bareng dengan para pemateri. Sementara dari pihak panitia juga memberikan cendera mata atau kenang-kenangan untuk ketiga pembicara. (as).

 

 

News Feed