oleh

KKN Mahasiswa UNU Kaltim Angkatan Pertama, Direspon Positif oleh Masyarakat

Samarinda, Info Benua — Universitas Nahdlatul Ulama (UNU), di jalan Harun Nafsi gang Dharma, Samarinda Seberang, Kalimantan Timur (Kaltim), yang berdiri sejak 2014 lalu dan diresmikan oleh Gubernur Awang Faroek Ishak, prinsipnya mengedepankan kemandirian, keislaman, dan kebangsaan.

Tahun 2018 ini untuk pertama kali UNU Kaltim mewujudkan mahasiswanya dalam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kecamatan Samarinda Seberang dengan 6 titik lokasi di beberapa kelurahan.

Pelaksanaan KKN tersebut, menurut Rektor UNU, Drs. H. Farid Wadjdy, M.Pd., merupakan bagian Tridarma Perguruan Tinggi yang harus dilaksanakan oleh mahasiswa, yang akan mengakhiri masa kuliahnya. Bagian dari pengabdian  kepada masyarakat.

Dari hasil evaluasi dan monitoring pihak universitas di lapangan, ternyata bahwa kegiatan KKN tersebut — yang diikuti oleh kurang lebih lima puluh mahasiswa, mendapat sambutan dan respon yang positif dari masyarakat dan juga dari pemerintah tingkat kelurahan.

Kesemuanya dilaksanakan dalam rangka memberikan pendampingan pada masyarakat setempat melalui kelurahan masing-masing.

“Kami merasa bahwa apa yang sudah dilakukan di program KKN UNU Kaltim ini, patut untuk diteruskan di masa-masa mendatang. Dan saya berharap ini menjadi modal juga  nantinya bagi para lulusan S 1 UNU Kaltim ini, sudah bisa terjun langsung ke masyarakat memanfaatkan apa yang mereka peroleh selama di bangku kuliah,” kata Farid Wadjdy.

Farid Wadjdy juga berharap dan berpesan kepada para mahasiswa UNU Kaltim yang melakukan KKN, bahwa apa yang mereka lakukan hari ini adalah bagian dari pelatihan. Namun nanti pada saat terjun ke masyarakat, bukan lagi latihan, tapi sudah menjadi medan yang sesungguhnya.

“Oleh karena itu saya berharap, pada saat nanti terjun ke medan sesungguhnya itulah ilmu yang sudah diberikan di UNU Kaltim ini, bisa dipraktekkan, bisa diterapkan untuk sebesar-besarnya manfaat bagi masyarakat setempat,” lanjut Farid Wadjdy.

Para mahasiswa yang telah selesai melaksanakan KKN akan segera menyiapkan diri untuk menyusun sekripsi. Dan pada 2019, UNU Kaltim, sudah akan bisa mewisuda mahasiswa yang KKN ini sebagai wisuda angkatan pertama menjadi sarjana Strata 1 (S 1). Kemudian diharapkan mereka bisa segera dapat  mengaplikasikan pengetahuannya ke masyarakat. (AS).

 

 

News Feed