oleh

Penataan Bangunan dan Gedung Berkontribusi bagi Pertumbuhan Ekonomi

Tarakan, Info Benua – Sebagai provinsi muda, Kaltara yang baru berusia 5 tahun telah menunjukkan eksistensinya dalam membangun. Hal ini sebagai dasar bagi Provinsi Kaltara untuk menyusun pembangunan, dengan target menjadi ikon provinsi perbatasan. Demikian disampaikan Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie saat menghadiri langsung Kampanye Edukasi Publik Direktorat Bina Penataan Bangunan yang diselenggarakan oleh Satuan Kerja (Satker) Penataan Bangunan dan Lingkungan (PBL) Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Hotel Tarakan Plaza, Selasa.
Irianto menyebutkan, kebutuhan terhadap pemenuhan bangunan gedung perlu mendapat dukungan dari pemerintah daerah. Hal ini guna mewujudkan bangunan gedung yang serasi dan tertata rapi, sehingga dapat berdampak positif bagi perubahan ekonomi dan sosial. “Penyelenggaraan pembangunan gedung yang andal dan tertata, adalah modal utama kita untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Kaltara,” sebutnya.
Gubernur pun mengapresiasi acara yang dirangkai dengan buka puasa bersama itu. Baginya, kegiatan ini merupakan inisiatif yang patut diapresiasi secara tinggi. Apalagi bagi Kaltara yang masih berudia muda, memiliki keterbatasan dan kekurangan dalam penataan bangunan.
Tak hanya pemerintah daerah, menurut Irianto, dalam hal penataan bangunan dan gedung perlu melibatkan pelaku usaha. Hal ini agar para pelaku usaha juga memahami regulasi bangunan gedung. “Saya berharap dapat diundang para pelaku usaha yang menjadi pengguna bangunan,” katanya.
Irianto mengatakan, saat ini di Kaltara terdapat 3 kabupaten dan 1 kota yang telah memiliki Peraturan Daerah (Perda) Bangunan Gedung. Yaitu Kabupaten Nunukan, Kabupaten Bulungan, Kabupaten Malinau dan Kota Tarakan. Sedangkan untuk Kabupaten Tana Tidung (KTT) masih dalam proses pembahasan. “Secara persentase, Provinsi Kaltara sudah memiliki 80 persen daerah dengan Perda Bangunan Gedung,” ucapnya. (roi/adv).

 

Komentar

News Feed