oleh

Pemkab Fasilitasi 70 Pasutri Ikuti Prosesi Istbat Nikah di Tapalang Barat

Mamuju, Info Benua — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), bersama Pengadilan Agama Kab Mamuju, Kantor Urusan Agama (KUA) Mamuju dan pemerintah Kec Tapalang Barat, menggelar Itsbat Nikah, Senin lalu di kantor camat Tapalang Barat.

Itsbat Nikah tersebut di ikuti oleh 70 pasangan suami istri (Pasutri) yang belum memiliki buku nikah.

Berdasarkan keterangan kepala Disdukcapil, Agung Pattola, program itsbat nikah tersebut digelar untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam melengkapi dokumen kependudukannya.

Sebab, masih banyak kasus pengurusan dokumen kependudukan yang terkendala, karena tidak memiliki akta nikah atau buku nikah.

“Latar belakang kami melaksanakan kegiatan ini, karena banyak kasus kami temui di masyarakat yang ingin mengurus dokumen kependudukannya, tapi terkendala, alasannya tidak keluar kartu keluarga dan akta kelahiran, jika tidak ada buku nikahnya,” terangnya.

Agung memaparkan, kuota itsbat nikah di Kec Tapalang Barat yang ditanggung oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2018, yakni 70 pasang.

Adapun kegiatan tersebut terlaksana di dua tempat berbeda, yakni di kantor camat Tapalang Barat dan desa Pangasaan, yang di ikuti oleh 4 desa, yakni desa Ahu, Dungkait, Pangasaan dan Labuan Rano,” paparnya.

Sekretaris Daerah, H. Suaib yang hadir membuka secara resmi sidang itsbat nikah menyampaikan, bahwa kini keresahan masyarakat telah terjawab melalui inovasi pelayanan terpadu. Ia berharap semoga kemitraan yang terjalin akan mampu memberikan pelayanan yang terbaik.

Saat pembukaan Itsbat Nikah tersebut, turut dilakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara pemerintah Kab Mamuju dengan Pengadilan Agama Mamuju, KUA Mamuju dan pemerintah Kec Tapalang Barat, tentang pemanfaatan data, tentang pelaksanaan itsbat nikah di Kec Tapalang Barat 2018. (*/hms/adv/eu).

 

Komentar

News Feed