oleh

Salurkan Bansos Rp 534 Juta

Tana Paser, Info benua –  Sebanyak 143 warga Kabupaten Paser dan 11 Pondok Pesantren (Ponpes) dan Panti Asuhan memperoleh bantuan sosial (bansos) Rp 534 juta dari Dinas Sosial Provinsi Kaltim. Bansos diberikan langsung kepada penerima di Kantor Dinas Sosial Kabupaten Paser, Kamis beberapa waktu lalu.

Penerima terdiri atas 105 penderita disabilitas, 29 janda pejuang veteran, 9 pejuang veteran, kemudian 11 ponpes dan panti asuhan swasta di Kabupaten Paser.

Jumlah bantuan bervariasi, tahun ini, terdapat penambahan jumlah uang diterima tiga kategori penerima bantuan. Di antaranya, penderita disabilitas naik Rp 350 ribu dari Rp 650 ribu. Janda veteran Rp 1,5 juta (sebelumnya Rp 1,2 juta). Veteran dari Rp 1,5 juta menjadi Rp 2 juta per orang.

Sekretaris Dissos Paser Abdul Rasyid menilai, masih ada kekurangan dalam pemberian bantuan untuk 11 ponpes dan panti asuhan. Ada ketidaksesuaian dengan jumlah anak yang ditampung di tiap-tiap ponpes dan panti asuhan. Dia meminta adanya evaluasi agar tidak ada yang merasa dianaktirikan.

“Kami mengharapkan bantuan sifatnya merata. Saya lihat Ponpes Al-Ikhwan Pasir Belengkong dengan jumlah anak 96 mendapat Rp 27 juta, sedangkan PA Nurul Muhibin yang memiliki 71 anak justru dapat kucuran Rp 35 juta. Jika memang bantuan melihat jumlah anak harusnya bisa merata,” ungkap Abdul Rasyid.

Sementara itu, Kasubbag Ketenagakerjaan Biro Kesra Provinsi Kaltim Sidik Amrillah mengatakan, segera melakukan evaluasi kembali terhadap keluhan Dissos Paser dan masyarakat penerima bansos.

“Tidak ada yang kami anak tirikan. Semua sesuai kategori dan keuangan pemerintah. Tentunya evaluasi akan dilakukan pada setiap penyaluran bantuan. Keluhan akan ditampung dan menjadi bahan pembahasan di tingkat provinsi,” ucap Sidik. (kape).

 

 

Komentar

News Feed