oleh

Harga Rumput Laut di Nunukan Meningkat

Nunukan, Info Benua – Hasil rumput laut melimpah di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara). Kamaruddin, Pengusaha Rumput Laut yang sudah berusia 51 tahun, maaih betah tinggal di Mamolo Nunukan slSelatan karena rumput lautnya. Dia merasa bangga menjadi pengusaha rumput laut, karena harganya terua meningkat.  ‘Harga rumput laut naik dari sejak januari 2017 harga rumput Rp 6500 dan Bulan Juni, naik lagi menjadi Rp 8500. Alhandulillah, memasuki Bulan Agustus, ada kenaikan lagi menjadi Rp 12.500 perkilo dan masuk bulan Sptember naik lagi menjadi Rp 13.500 sd 14.000,” kata dia.

Dia mengaku bangga dengan pencapaian itu. “Kami sangat berbangga kepada pemerintah setempat atas perhatiannya dan turut campur dan berusaha menaikan harga Rumput laut dan sekarang prekonoman mulai meningkat,” sebutnya.

Menurut Kamaruddin bahwa sampai saat ini ada sekitar 9 orang pekerja di laut yang mengurusi pemasangan bibit. Sekaligua memanen pada saat umur 45 hari pekerja. Didarat 20 sampai 30 orang setiap hari untuk mengigat Bibit. Dan setiap ikat tali diberi Upa sebesar RP 8000 pertali.

“Kadang satu orang tiap harinya, bisa mendapatkan 15 Tali. Dan pekerja bisa mendapatkan Upa perharinya menjadi Rp 120.000 /hari. Dan Hasil Rumput laut itu dipasarkan ke wilayah ke Makassar dan Surabaya,” ungkapnya.

Pengirimanya melalui pelabuhan nunukan mengunakan Kapal Pelni dan Kapal Suwasta kemakassar sementara ke surabaya mengunakan Kontainer melalui Kapal spil. “Kami juga berterimakasi kepada semua Pihak atas kenaikan Harga,Rumput Laut semoga kedepan harga rumput laut semakin menjulang Harganya,” pungkasnya. (Yusuf P)

Komentar

News Feed