oleh

Segudang Prestasi Rita Widyasari

KUTAI KARTANEGARA – Info Benua, Rita Widyasari, Sosok perempuan asal Kaltim, yang juga merupakan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) telah menorehkan prestasi cemerlang dalam berkarier.

Konsistensinya di partai politik (parpol) berlambang pohon beringin berbuah manis. Ibu dari tiga anak tersebut terpilih menjadi anggota DPRD Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim) pada Pemilu 2009.

Setahun kemudian, 2010, Rita mengikuti Pilkada Kukar dan sukses didapuk menjadi Bupati Kukar periode 2010-2015. Pada Pilkada serentak 9 Desember 2015, Rita yang saat itu menjadi Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar Kukar, terpilih kembali menjadi bupati untuk masa bakti 2016-2021.

Kariernya pun terus meroket. Pada 2016, beberapa bulan setelah menduduki kursi bupati untuk periode kedua, dia berhasil meraih jabatan politik sebagai Ketua DPD I Partai Golkar Kaltim. Selanjutnya pada 2017, Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar secara resmi mengusungnya sebagai calon gubernur pada Pilkada Kaltim 2018.

Rita pun berusaha agar bisa mengalokasikan waktu untuk tugasnya sebagai bupati maupun aktivitas di pentas politik.

“Alhamdulillah, semuanya berjalan lancar. Saya berusaha untuk bisa membagi waktu sebagai Bupati, aktivitas di Golkar, dan sosialisasi pencalonan saya untuk Pilkada Kaltim 2018,” tutur wanita kelahiran Tenggarong, Kaltim, 7 November 1973 ini.

Dengan dedikasinya selama ini, dia pun meraih sejumlah penghargaan, antara lain dinobatkan sebagai tokoh Utama Penggerak Koperasi Nasional tahun 2017 oleh Dewan Koperasi Nasional (Dekopin). Penghargaan tersebut diserahkan oleh Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid, kepada Rita yang disaksikan Presiden Jokowi di lapangan Karebosi, Makassar , sulsel pada Juli 2017.

Baru-baru ini juga, anak kandung Alm. Syaukani HR itu dianugerahi pula Upakarti dari Presiden Jokowi melalui Kementerian Perindustrian RI. Penghargaan tersebut diberikan atas kepeduliannya terhadap Industri Kecil Menengah (IKM).

Rita pun berharap masyarakat Kukar bisa terus termotivasi berkarya dalam memperbanyak produk IKM guna meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Ibu tiga anak ini juga diberi tugas di dunia olahraga sebagai Bendahara Umum Sea Games 2017 di Kuala Lumpur. Pada pesta olahraga se-Asia Tenggara ini, Indonesia mengirim 870 orang, termasuk atlet dan official.

Sebelumnya, dia meraih penghargaan sebagai salah seorang Inspirator Pembangunan Daerah 2017 dari Pusat Kajian Keuangan Negara. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo beberapa waktu lalu.

RW, sebutan populernya di medsos, adalah salah satu dari 21 kepala daerah yang dinilai menjadi inspirator pembangunan daerah. Pemberian penghargaan ini bertepatan dengan moment 21 tahun pelaksanaan otonomi daerah. (Klik S)

Komentar

News Feed