oleh

Gubernur Kaltara : Selamat!!! BI Hadir di Kalimantan Utara

SAMARINDA, Info Benua – Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr Ir H Irianto Lambrie mengapresiasi atas respons aktif dan akselerasi cepat Bank Indonesia (BI) di provinsi termuda di Indonesia ini. Kehadiran BI lewat keberadaan kantor adalah buktinya.

“Keberadaan BI sangat penting bagi pendukung kemajuan perekonomian suatu daerah. Dan, eksistensi kantor perwakilan BI Kaltara ini pun patut diapresiasi tinggi. Sebab, dari sisi gedungnya saja bisa bilang yang tercepat dibangun, kokoh bahkan termegah di Kaltara,” kata Gubernur dalam sambutannya saat grand launching kantor BI Perwakilan Kaltara di Jl Mulawarman Tarakan, Jumat.

Disampaikan, BI di bawah kepemimpinan Gubernur Agus DW Martowardojo telah mampu memberikan banyak kemajuan lewat kontribusi terbaiknya bagi bangsa dan negara. Hal itu diharapkan dapat tertular dengan adanya kantor perwakilan di Kaltara.

“Dengan tugas pokok dan fungsi yang ada, kami harapkan BI dapat memberi manfaat banyak bagi Kaltara. Di antaranya, membantu peningkatan kesejahteraan masyarakat lewat program yang kelak dicanangkan,” ucap Irianto.

Terlebih, saat ini BI juga mampu membawa Indonesia kepada tingkat pengendalian inflasi yang rendah. Sebuah prestasi yang jarang terjadi sebelumnya. “Dengan BI, nantinya Kaltara mampu menambah pertumbuhan ekonomi serta mengendalikan inflasi hingga ke tingkat terendah,” ujarnya.

Sementara itu, Gubernur BI Agus DW Martowardojo menyebutkan, keberadaan BI di Kaltara merupakan wujud komitmen untuk menjaga laju inflasi di seluruh Indonesia.

“Secara geografis Kaltara berbatasan langsung dengan Malaysia. Dari itu, kehadiran BI di Kaltara menjadi semakin penting dalam menjaga kedaulatan ekonomi nasional,” ujarnya, seraya menyatakan Tarakan dipilih sebagai lokasi kantor perwakilan dengan pertimbangan perkembangan dan potensi ekonomi dan masyarakat Tarakan yang cukup pesat.

Secara keekonomisan, Kaltara memiliki potensi ekonomi yang cukup besar, baik dari sektor pertambangan dan penggalian, petanian, kehutanan dan perikanan. Berdasarkan data BI, pada triwulan I 2017, ekonomi Kaltara tumbuh sebesar 6,17 persen. Angka ini lebih tinggi dibandingkan triwulan sebelumnya, maupun rata-rata pertumbuhan wilayah Kalimantan pada periode yang sama.

“Pertumbuhan itu diharapkan semakin kuat, seiring ditetapkannya KIPI (Kawasan Industri dan Pelabuhan Internasional) Tanah Kuning sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN),” jelas Agus.

Selain menjalankan fungsi kas dan sistem pembayaran, kantor perwakilan juga menjalankan fungsi moneter dan stabilitas sistem keuangan di daerah. “BI akan terus menjalankan peran sebagai mitra strategis Pemprov dan pemerintah kabupaten atau kota di Kaltara dalam menjaga inflasi dan mendorong pertumbuhan ekonomi. Bentuknya, TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah) dan pengembangan UMKM,” pungkasnya. (Hms PC)

Komentar

News Feed