oleh

Sangkulirang Rock Arts Bersaing Dengan 9 Nominasi di AFI 2017. Berikut Nominasinya

WARTAKUTIM.co.id, SANGATTA, Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) kabupaten Kutai Timur, terus menggalang dukungan untuk Sangkulirang Rock Arts di Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017 yang diadakan kementerian Pariwisata RI.

Dalam ajang  tersebut Sangkulirang Rock Arts atau tapak tangan di gua Karst Sangkulirang akan bersaing ketat dengan 9 nominasi dari seluruh Indonesia di kategori 3, Situs Sejarah Terpopuler (Most Popular Historical Site).

Menurut Lubis, untuk memenangkan ajang tersebut dibutuhkan sebanyak 60 ribu hingga 70 ribu vote. Jika mengacu pada tahun lalu  pemenang API 2016 lalu hanya berhasil menjaring sebanyak 53.097 voter.

Baca Juga : Raih 500 ribu Dukungan, Ini Cara BPPD Kutim Mengkampanyekan Sangkulirang Rock Arts

 “Saingan kita semua memang berat di API 2017. Tatapi, untuk ajang ini kita yang paling serius dari beberapa nominasi yang ada. Dukungan ini tidak datang dari pihak pemkab maupun BPPD Kutim, hampir sebagian besar elemen masyarakat dan masyarakat telah memberikan votesnya untuk Sangkuliang Rock Arts,”terang Lubis

Ia menambahkan, pengumuman hasil vote akan diumumkan pada 7 November 2017 mendatang, penyerahan pemenang hasil ajang ini akan diserahkan langsung oleh Presiden Joko Widodo dan akan disiarkan langsung oleh beberapa tv Nasional.

Dikatakannya, Jika Kutim bisa menjadi pemenang di API 2017, secara otomatis pariwisata Kutim khususnya goa telapak tangan Sangkulirang akan dikenal tidak hanya masyarakat Indonesia, tetapi juga masyarakat dunia dan ajang ini dapat mengangkat pariwisata Kutim secara keseluruhan.

Berikut Kategori 3. Situs Sejarah Terpopuler (Most Popular Historical Site)

  1. Sangkulirang Rock Arts – Kab. Kutai Timur
  2. Istana Maimun – Kota Medan
  3. Istana Siak Sri Indrapura – Kab. Siak
  4. Situs Muarajambi – Kab. Muaro Jambi
  5. Museum Joang ’45 – Jakarta
  6. Petilasan Kraton Pajang – Kota Solo
  7. Pulau SumSum – Kab. Pulau Morotai
  8. Rmh Betang Tumbang Gagu – Kab. Kotawaringin Timur
  9. Situs Gunung Padang – Kab. Cianjur
  10. Tapurarang – Kab. Fak Fak

News Feed