oleh

Ratusan Hektar Perkebunan Sawit Terendam Banjir Di Desa Kerayaan Kecamatan Sangkulirang

WARTAKUTIM.co.id, SANGKULIRANG – Banjir yang melanda Dusun Bual-bual Kilo meter 8,  Desa Kerayaan, Kecamatan Sangkulirang, Kabupaten Kutai Timur  mengakibatkan jalan di wilayah sulit untuk diakses warga dan merendam rumah warga.

Menurut Lesu salah seorang warga yang juga kariyawan perusahaan PT. IPS, banjir tersebut tidak hanya mengenangi jalan utama diwilayah tersebut, tetapi banjir juga merendam ratusan hektar perkebunan Sawit.

“Dua akses jalan menuju Dusun Bual-bual dan Perusahaan yang tergenang banjir. Yang terparah terkena dampak banjir ialah jalan menuju Dusun Bual-bual di Kilo meter 8 karena berdekatan dengan sungai dan air meluap menutupi jembatan,” ujar Kariyawan Perusahaan, Lesu.

Banjir Di Desa Kerayaan, Dusun Bual-Bual Km 8 Kecamatan Sangkulirang merendam akses jalan utama

Dia menambahkan, banjir tersebut akibat hujan deras yang turun sejak Senin malam hari hingga Selasa pagi  dan meluapnya sungai di daerah tersebut. “Faktor hujan, juga akibat meluapnya air sungai yang dipengaruhi pasang surut air laut,”katanya.

Lebih lanjut Ia menambahkan, selain merendam akses jalan banjir juga merendam dua rumah warga disekitar lokasi, banjir juga merendam puluhan hektar perkebunan sawit di Dusun tersebut.

Sementara Wiwin warga Dusun Bual-bual mengatakan, banjir ini bukan kali pertama terjadi. Hampir tiap kali hujan di beberapa daerah Kilo Meter 8 Dusun Bual-bual dan akses jalan terendam Banjir. Pihaknya berharap, ada upaya dari pihak terkait dalam mencegah terjadinya banjir di lokasi tersebut.

“Yang paling diperlukan warga ialah bagaimana peristiwa banjir yang terjadi hampir setiap kali hujan deras ini bisa menjadi tolak ukur evaluasi ketinggian jalan yg diperlukan, sehingga menjadi acuan rencana pembangunan peningkatan badan jalan ke depan,” ujarnya.

Tidak hanya sepedah motor yang tidak dapat melitas di lokasi banjit tersebut namun juga beberapa mobil dan truk juga tidak dapat melintasi jalan tersebut, selain banjir merendam jalanan yang ada juga arus air yang deras menyulitkan kedaraan untuk melitas di loaksi banjir tersebut. (Muje/*18)

Save

News Feed