Selasa 7 Desember 2021 - 15:06,

oleh

Raih 500 ribu Dukungan, Ini Cara BPPD Kutim Mengkampanyekan Sangkulirang Rock Arts

-Ragam-537 views

WARTAKUTIM.co.id, Sangatta – Sangkulirang Rock Art atau tapak tangan di gua Karst Sangkulirang, menjadi salah satu nominasi penerima diajang Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017 Award Kementerian Pariwisata RI, sebagai Situs Sejarah Terpopuler di Indonesia.

Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kutai Timur (Kutim) bersama pemkab Kutim bertindak cepat dalam memenangkan Sangkulirang Rock Arts di ajang API 2017. Langkah nyata yang dilakukan adalah dengan membentuk tim kampanye yang melibatkan semua pihak yang ada di Kutim.

Demikian diungkapkan ketua umum BPPD Kutim Lubis saat ditemui wartatawan, wartakutim.com, saat ditemui Jalan Pendidikan Sangatta, kamis (8/6/2017) kemarin.

“Kami (BPPD) bersama pemkab Kutim sudah menggelar rapat pada selasa (7/6/2017) kemarin, dan mengundang seluruh OPD, Perusahaan, Tokoh masyarakat, organisasi kepemudaan, organisasi kemasyarakat, Organsasi paguyuban serta LSM. Dalam rapat itu, kami sudah sepakati membentuk tim panitia Kampanye  “Sangkulirang Rock Arts”. Dan juga disepakati Pak Mugeni yang menjadi ketuanya dan saya sendiri ditunjuk sebagai sekertarisnya,”jelasnya.

Menurut Lubis, panitia tersebut akan bekerja mulai Juni hingga Oktober 2017 mendatang. Tim yang terdiri BPPD, Pemerintah, Perusahan dan seluruh elemen masyarakat tersebut akan melakukan kampanye road show dibeberapa kecamatan hingga ke desa-desa.

“Nantinya kita juga akan memanfaatkan sekolah-sekolah dalam mengkampanyekan “Sangkulirang Rock Arts”. Selain itu bupati juga akan menginstruksi para OPD untuk mengvote melalui SMS ke 99386. Dan kami juga akan mengkampanyekan ini di layanan pemerintah baik ditingkat kecamatan maupun desa dan hotel hotel se Kaltim Kaltara,”katanya.

Dia memambahkan, pihaknya juga akan memberikan apresiasi kepada masyarakat yang melakukan vote untuk Sangkulirang Rock Arts. “Masyarakat tinggal memperlihatkan hasil votenya ke kami dan kita dengan bukti tersebut kami akan undi dan pemenang undian akan mendapat pulsa dari kami,”terangnya.

Cara Dukung Sangkulirang Rock ARTS

Menurut Lubis, untuk memenagkan ajang tersebut dibutuhkan sebanyak 60 ribu hingga 70 ribu vote. Jika mengacu pada tahun lalu  pemenang API 2016 lalu hanya berhasil menjaring sebanyak 53.097 voter.

“Target kami di ajang ini bisa mengumpulkan sebanyak 100 ribu voter dari masyarakat Kutai Timur dan masyarakat kaltim, Kalau itu bisa tercapai saya yakin kita bisa menjadi pemenang di ajang API 2017, karena tahun lalu saja untuk menjadi pemenang ajang itu hanya meraih 50 ribu lebih voter”terangnya.

Lebih lanjut Ia menambahkan, dalam mengkampanyekan Sangkulirang Rock Arts, pihaknya akan menyelenggarakan beberapa even, namun hal tersebut akan di komunikasikan dengan pihak perusahaan dan pemkab Kutim karena kegiatan itu tidak akan menggunakan APBD Kutim. “Kami juga akan membuat gerakan 500 ribu telapak tangan dengan membentangkan kain dan menggunakan pewarna yang mudah hilang kita tempel telapak tangan di kain tersebut, Nanti kain itu kita bawah road Show di desa-desa ke Kutim hingga ke kabupaten Kota se Kaltim”Pangkasnya

Save

News Feed