oleh

Cari Ongkos Mudik, Pemuda ini Nekat Mencuri

BALIKPAPAN- Seorang pria pengangguran berinisial MH (25) asal Makassar nekat mencuri ditengah suasana ibadah puasa. Pria tersebut nekat mencuri untuk mencari ongkos mudik ke kampung halamannya, Kota Makassar.

MH melakukan aksi pencurian telepon genggam (HP) di kawasan jalan Inpres, Kelurahan Muara Rapak, Balikpapan Utara, sekitar pukul 17.30 Wita, Sabtu (27/5). “Nekat mencuri karena butuh uang untuk persiapan pulang kampung,” kata MH kepada petugas.

Sementara itu, MH melakukan aksinya tak sendirian. Dia melakukan hal tersebut bersama kakak kandungnya berinisial Isb (40). Modus yang digunakan yakni mengalihkan perhatian si korban dengan berpura-pura menanyakan alamat rumah, sedangkan kakaknya Isb bertugas sebagai eksekutor.

“Saya mengalihkan perhatian. Dan kakak saya yang ambil HP nya di dasbor motornya korban,” ungkap MH.

Sialnya, aksinya itu berhasil diketahui oleh korban, hingga dirinya dihakimi warga. Sementara kakak yang menjadi eksekutor tersebut berhasil melarikan diri. Korban pun langsung berteriak, hingga warga sekitar berhasil menangkap dan menghakimi pelaku MH,” ujar Panit II Reskrim Polsek Balikpapan Utara Ipda Nikson Sitompul.

Belakangan diketahui, aksi MH dan kakaknya itu merupakan yang ketiga kalinya. Sebelumnya, mereka pernah melakukan di dua tempat yaitu Lapangan Merdeka dan di kawasan SMA Patra Dharma dengan modus pencurian yang sama, tepat sebulan yang lalu.

MH pun kini telah diamankan di Mapolsek Balikpapan Utara dan dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian pemberatan dengan ancaman tujuh tahun penjara.(tim/BKV Chanel)

News Feed